Jumat, 25 Januari 2013

Softskill Ekonomi Koperasi

Nama : aisyah nurrohmah
NPM : 10211482
Kelas : 2 EA 27
Rapat tahunan koperasi 2012
KJK – PEMK
KOPERASI JASA KEUANGAN – PEMBERDAYAAN
EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN
KELURAHAN : RAWA BARAT
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqtlw2qiD2jVJL2DV3GxpivE4L8U79RKu6DtmEovqHRMUr7X4r_iLSir1_CnazhF-CB5rhDMbp5yHYN5HLWZFpCbZocj_3DVkrp92BxnQcRj8vB9Q_14zrnavinLfHDEvuzA4AslBEf9Cl/s400/logo_koperasi_indonesia.jpg
KECAMATAN : KEBAYORAN BARU
WILAYAH : JAKARTA SELATAN

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENGURUS DAN PENGAWAS TAHUN BUKU 201
2
SERTA
RENCANA KERJA DAN RENCANA ANGGARAN
PENDAPATAN DAN BELANJA TAHUN BUKU 201
2



Disajikan pada :
RAPAT ANGGOTA TAHUNAN TAHUN BUKU 201
2
KJK – PEMK KELURAHAN RAWA BARAT



DAFTAR ISI

         Halaman
KATA PENGANTAR ……………………………………...……………………………… 1
SUSUNAN ACARA …………………………………………………
..…………………… 2
TATA TERTIB ……………………………………
..………………………………… 3-4
BAB I :
PENDAHULUAN ………………………………………………..………………… 5
BAB II : ORGANISASI DAN MANAJEMEN ………………..…………………...……….. 6
BAB III : LAPORAN KEUANGAN……………………………………………………….. 7
a. Neraca Per 31 Desember ………………………………………………………
.....………. 8
b. Perhitungan Rugi /Laba ………………………………………………………
.…………. 9
c. Rincian Laporan Usaha Simpan Pinjam ……………………………………
.............…. 10
d. Realisasi dan Rencana Anggaran ………………………..……………………
...….. 11-12
BAB IV : LAPORAN BADAN PENGAWAS ………………………..………
...……. 13-14
BAB V : PENUTUP ……………………………………
...………………………………. 16
LAMPIRAN-LAMPIRAN
:
1. Rencana Anggaran dan Pendapat Tahun Buku 2012 ………...……….....…………… 17-19
2. Daftar Simpanan Anggota ………………………………………………………………
.. 20
3. Daftar Pinjaman Anggota …………………………………………………
..………...….. 21
4. Pembagian SHU ………………………………………………………
..…………………22
KATA PENGANTAR

Puji syukur Kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala nikmat dan karunia Nya yang dilimpahkan kepada kita semua ,sehingga menghendaki kita dapat berkumpul dalam rangka menghadiri Rapat Anggota Tahunan ke 1 tahun buku 2012 KJK-PEMK Kelurahan Rawa Barat yang dilaksanakan pada hari ini Penyelengaraan Rapat Anggota Tahunan Kali ini untuk membahas, menilai laporan pertanggung jawaban Pengurus dan Pengawas tahun buku 2012 sekaligus mengesahkannya .
Selanjutnya pada kesempatan ini, kami segenap Pengurus dan Pengawas menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota yang telah berpartisipasi aktif berbagai kegiatan dan usaha, meski pelayanan dirasa masih belum memadai seperti diharapkan. Terimakasih juga kami sampaikan kepada para pejabat instansi terkait yang telah memberikan perhatian dan pembinaan selama ini.
Akhirnya Pengurus dan Pengawas KJK – PEMK berharap agar Rapat Anggota Tahunan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sekaligus dapat menhasilkan keputusan-keputusan terbaik dan bermanfaat bagi perkembangan serta kelangsungan kegiatan usaha sekarang dan mendatang.

 


BAB V
PENUTUP
Laporan pertanggung jawaban Pengurus dan Pengawas yang disajikan merupakan upaya optimal hasil Laporan pertanggung jawaban Pengurus dan Pengawas yang disajikan merupakan upaya optimal hasil kerja Pengurus dan Pengawas KJK – PEMK dalam melaksanakan tugas kewajibannya, yaitu melakukuan penataan administrasi terhadap seluruh aspek kegiatan organisasi, usaha dan keuangan selama tahun buku 2011.
Apapun wujud nyata yang diperoleh dalam tahun buku 2011 merupakan hasil maksimal dari upaya optimalisasi pelayanan kepada anggota beserta keluarganya sesuai kondisi obyektif KJK – PEMK Kelurahan Rawa Barat Jakarta Selatan.
Sementara yang terpenting bagi kita sekarang adalah bagaimana upaya selanjutnya untuk terus menanamkan dan memelihara semangat kebersamaan yang berdasarkan azas kekeluargaan, sehingga terciptanya rasa kebanggaan dan percaya diri agar mampu memanfaatkan berbagai peluang dan meminimalkan tantangan atau hambatan di masa mendatang memasuki era persaingan bebas.
Akhirnya atas perhatian, partisipasi dan kerjasama seluruh anggota serta pembinaan dan dukungan moral Instansi terkait selama tahun buku 2011, Pengurus dan Pengawas KJK – PEMK Kelurahan Rawa Barat Jakarta Selatan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan mohon maaf yang seluas – luasnya apabila ada kekhilafan Pengurus dan Pengawas sebagai manusia biasa tidak luput dari kekhilafan dan kesalahan.
Mudah-mudahan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberkahi setiap bentuk aktivitas pengabdian kita dalam upaya untuk terus memantapkan kehidupan Organisasi KJK – PEMK Kelurahan Rawa Barat Jakarta Selatan menuju cita-cita kesejahteraan anggota beserta keluarganya, Amiin.
Jakarta,


Pengurus



PENUTUP
Demikian rancangan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya KJK – PEMK Kelurahan Rawa Barat Jakarta Selatan Tahun 2012 disampaikan. Selanjutnya kami harapkan kepada seluruh anggota untuk memberikan saran, usulan perbaikan serta kelengkapannya, sehingga Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya tahun 2012 dapat diterima dengan baik dan disetujui oleh anggota.
Ketetapan tersebut akan dijadikan pedoman kerja Pengurus dan Pengawas. Dengan dukungan berbagai pihak terutama partisipasi aktif anggota, pelaksanaan Rencana Kerja dan Rencana Pendapatan dan Biaya Tahun 2011 diharapkan berjalan lancer dan berhasil dengan baik.

KJK – PEMK KELURAHAN RAWA BARAT
JAKARTA SELATAN
Pengawas, Pengurus ( Abdul Rahman ) ( Drs.Pandu Budi Priyanto )



Pertanyaan dan Jawaban MSDM


Nama : Aisyah Nurrohmah
NPM   : 10211482
Kelas : 2 EA 27

MSDM
1.      Mengapa MSDM semakin penting padahal alat-alat canggih semakin banyak ? uraikan !
Jawab :  Karena manajemen sumber daya manusia dapat mengikuti perkembangan zaman dan karena manajemen sumber daya manusia dapat dtitingkatkan kualitas kerjanya melalui pendidikan dan pelatihan kerja sedangkan dengan mesin-mesin canggih yang seiring dengan perubahan teknologi yang semakin cepat, mesin-mesin canggih itupun menjadi cepat usang dan tidak bisa ditingkatkan kualitas kerjanya. SDM ini juga penting untuk diperhatikan, dalam pengambilan keputusan alat ukur apa yang akan digunakan. Dalam artian, apabila SDM-nya sendiri tidak siap, maka berinvestasi dengan alat yang canggih akan sia-sia. Karena SDM yang dimiliki tidak bisa menggali makna dari data-data yang diperoleh. Secanggih apa pun sebuah alat ukur, maka dibutuhkan kompetensi analisis dari orang yang membaca, dan melakukan interpretasi dari data-data tersebut.
2.      Kenapa istilah MSDM lebih populer dari pada manajemen personalia
Jawab :  Manajemen Sumber Daya Manusia dengan Manajemen Personalia jelas terdapat perbedaan didalam ruang lingkup dan tingkatannya. MSDM mencakup permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan, penggunaan dan perlindungan sumber dayanya manusia. Sedangkan Manajemen Personalia lebih banyak berkaitan dengan sumber dayanya manusia yang sudah berada dalam organisasi (perusahaan).

3.      Mengapa waskat sangat berperan dalam mewujudkan tujuan ?
Jawab :  Karena waskat merupakan tindakan nyata yang paling efektif dalam mewujudkan kedisplinan karyawan perusahaan. Dengan waskat berarti atasan harus berperan aktif dan langsung mengawasi perilaku,moral dan prestasi kerja bawahannya. Waskat sangat efektif untuk merangsang kedisiplinan dan moral kerja pegawai karena mendapat pengawasan langsung dari atasannya. Sistem pengawasan melekat (waskat) diyakini ampuh untuk menciptakan kondisi pelaksanaan tugas staf dapat berjalan secara efektif dan efisien, terhindar dari segala penyimpangan. Untuk menciptakan pengendalian manajemen yang memadai, digunakan delapan unsur Waskat dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran satuan organisasi / kerja.

4.      Berikan beberapa alasan kenapa karyawan didalam kota besar ala-alat motivasinya lebih banyak dari pada karyawan dikota kecil ?
Jawab : a)  Karena dikota besar tuntutan dan saingan dari lingkungan perusahaan tersebut   semakin banyak sehingga butuh motiasi lebih untuk bekerja
            b)    Sedangkan dikota kecil saingan dari perusahaan tersebut mungkin masih sedikit dan juga perkembangan teknologinya tidak sebanding seperti dikota besar.

5.      Apa saja persamaan dan perbedaan pemberian motivasi dengan insentif ?
Jawab :a)   Persamaan adalah pemberian motivasi dengan insentif sama sama mendorong pegawai untuk bekerja secara optimal sesuai kemampuan.
 b)  Perbedaannya adalah pemberian motivasi sebatas dengan memberikan suatu gagasan yang mampu mendorong kinerja dari pegawai tersebut,berbeda dengan insentif yang ditunjang dengan pemberian uang lebih untuk mendorong semangat kerja yang optimal dari pegawai.

6.      Apa persamaan dan perbedaan pemberian insentif dan benefit ?
Jawab :  Dilihat dari segi pemberiannya insentif dengan benefit berbeda karena insentif merupakan kompensasi langsung dan benefit merupakan kompensasi tidak langsung. Persamaannya ialah insentif dengan benefit sama-sama merupakan pengeluaran perusahaan yang ditujukan untuk pegawai, sedangkan perbedaannya ialah insentif berkaitan langsung dengan prestasi kerja sedangkan benefit tidak.

7.      Dimana letak perbedaan pemberian motivasi dengan benefit ?
Jawab :  Pemberian motivasi dapat dikatakan secara langsung diberikan untuk pegawai dalam bentuk gagasan atau kalimat-kalimat pendorong semangat kinerja pegawai, sedangkan benefit dalam segi pemberiannya dengan obyek yang berbentuk uang.

8.      Apa sasaran pemberian insentif bagi karyawan ?
Jawab :  Untuk meningkatkan kegairahan kerja karyawan dalam berupaya mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan menawarkan perangsang finansial dan melebihi upah dari gaji dasar. Perbedaan tipe rencana insentif ditujukan pada tipe perilaku karyawan yang berbeda pula.

9.      Jelaskan perbedaan antara MSDM dengan manajemen personalia ?
Jawab :  Berbeda dari ruang lingkup dan tingkatannya, MSDM mencakup masalah-masalah yang berkaitan dengan pembinaan, penggunaan dan perlindungan sumber saya manusia sedangkan manajemen personalia lebih banyak berkaitan dengan sumber daya manusia yang berada dalam perusahaan yang umum dikenal sebagai sector modern itu.







10.  Mengapa pengadaan (procurement) adalah hal yang penting dan sulit ?
Jawab :  Pengadaan sangat diperlukan sekali dimana karyawan atau tenaga kerja dapat di gantikan oleh karyawan baru yang berkompeten, dengan motivasi baru dan semangat baru dari karyawan baru tersebut. dan juga pemikiran baru dari perusahaan untuk lebih maju dan disiplin agar perusahaan dapat mencapai tujuannya. Pengadaan sangat sulit karena karyawan adalah aset utama perusahaan yang menjadi perencana dan pelaku aktif dari setiap aktifitas organisasi. Mereka mempunyai pikiran, perasaan, keinginan, status, dan latar belakang pendidikan, usia dan jenis kelamin yang heterogen yang dibawa ke dalam organisasi perusahaan. Karyawan bukan mesin, uang, dan material yang sifatnya pasif dan dapat dikuasai serta diatur sepenuhnya oleh perusahaan. Maka pengadaan karyawan sangat sulit dan rumit diakibatkan oleh keinginan perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan berkompeten serta penempatan karyawan yang sesuai dengan keahliannya. Agar gairah kerja dan kedisiplinannya akan lebih baik serta efektif menunjang terwujudnya tujuan perusahaan.

11.  Kenapa masalah pengadaan dapat dikatakan merupakan cermin utama keberhasilan MSDM berikan alasannya ?
Jawab :  Karena karyawan adalah aset utama perusahaan yang menjadi perencana dan pelaku aktif dari setiap aktifitas organisasi. Mereka mempunyai pikiran, perasaan, keinginan, status, dan latar belakang pendidikan, usia dan jenis kelamin yang heterogen yang dibawa ke dalam organisasi perusahaan. Karyawan bukan mesin, uang, dan material yang sifatnya pasif dan dapat dikuasai serta diatur sepenuhnya oleh perusahaan.

12.  Bagaimana proses pengadaan yang baik ?
Jawab : a)  Menentukan dasar perekrutan ( batas usia, pendidikan,jenis kelamin dll dan    jabatan yang akan dijabatnya)
 b) Penentuan sumber sumber perekrutan internal (dalam perusahaan) dan eksternal (diluar perusahaan)

13.  Apa saja pokok-pokok bahasan utama dalam pengadaan karyawan ?
Jawab :  Pokok bahasan utama pada fungsi pengadaan adalah proses dimana penarikan, seleksi dan penempatan, orientasi dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang yang efektif dan efisien membantu tercapainya suatu tujuan perusahaan.

14.  Jelaskan mengapa seleksi penerimaan pegawai baru sangat penting ?
Jawab :  Pada dasarnya seleksi dilakukan untuk memberikan masukan bagi perusahaan dalam rangka mendapat karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Proses seleksi pegawai merupakan salah satu bagian yang teramat penting dalam keseluruhan proses manajemen sumber daya manusia. Ada dan tidaknya pegawai yang memenuhi tuntutan organisasi sangat tergantung pada cermat tidaknya proses seleksi itu dilakukan.

15.  Kenapa tes psikologi penting dalam seleksi penerimaan karyawan ?
Jawab : Psikotes atau tes psikologi adalah sebuah tes yang bertujuan mengukur fungsi kognitif dan emosi seseorang. Karena test psikologi dilakukan agar mengetahui sikap moral dan perilaku psikologi pelamar dalam menghadapi tuntutan kerja yang sangat berat sehingga mampu bekerja dengan optimal dibawah tekanan

16.  Apakah pedoman yang dilakukan dalam pelaksanaan seleksi ?
Jawab :  Spesifikasi pekerjaan merupakan pedoman dan dasar yang dilakukan dalam  proses pelaksaan seleksi untuk mendapatkan pegawai baru

17.  Jelaskan korelasi seleksi dengan penempatan karyawan ?
Jawab :  Seleksi merupakan suatu proses yang diadakan untuk mendapatkan pegawai yang sesuai dan berkompeten sesuai kebutuhan perusahaan sedangkan penetapan tugas (assignment) bagi pegawai baru, atau penugasan baru (reassignment) bagi pegawai lama. Penempatan, biasanya merupakan kewenangan dari atasan langsung (Kepala unit kerja) pegawai, setelah dikonsultasikan dengan manajemen.

18.  Apa saja manfaat dilakukannya orientasi pegawai baru ?
  Jawab :a)Untuk memperkenalkan pegawai baru tersebut kepada lingkungan, peraturan dan tujuan perusahaan, sehingga membantu pegawai tersebut masuk ke dalam bagian sebagai pihak yang dapat memajukan perusahaan.
             b)   Usaha perusahaan agar pegawai atau karyawan baru dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan / iklim bisnis suatu organisasi / perusahaan.

19.  Jelaskan pengertian induksi untuk kayawan baru !
Jawab : Proses mempernalkan seorang karyawan baru ataupun pindahan kepada situasi kerja dan kelompok kerja. Hal disebut juga orientasi. Orientasi berarti penyediaan informasi dasar berkenaan dengan perusahaan bagi karyawan baru, yaitu informasi yang mereka perlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan memuaskan.

20.  Bagaimana pengaruh job spesification terhadap lamaran yang diterima suatu perusahaan ?
Jawab :  Dengan adanya job specification yang dijadikan sebagai dasar pertimbangan perusahaan dalam menerima atau menyeleksi jumlah lamaran yang diterima perusahaan, maka lamaran yang akan diseleksi dan diproses untuk ke tahap selanjutnya yaitu yang sesuai dengan job specification perusahaan tersebut yang telah dibuat.