Nama : Aisyah
Nurrohmah
NPM :
10211482
Kelas : 4 EA
27
BAHASA
INGGRIS BISNIS
1. Latar
Belakang
Bahasa
adalah aspek penting interaksi manusia. Dengan bahasa, (baik itu bahasa lisan,
tulisan maupun isyarat) orang akan melakukan suatu komunikasi dan kontrak
sosial. Bahasa juga dipandang sebagai cermin kepribadian seseorang karena
bahasa diterjemahkan sebagai refleksi rasa, pikiran dan tingkah laku.Adakalanya
seorang yang pandai dan penuh dengan ide-ide cemerlang harus terhenti hanya
karena dia tidak bisa menyampaikan idenya dalam bahasa yang baik. Oleh karena
itu seluruh ide, usulan, dan semua hasil karya pikiran tidak akan diketahui dan
dievaluasi orang lain bila tidak dituangkannya dalam bahasa yang baik.
Sumarsono
dan Partana (2002:20) mengatakan bahwa bahasa sering dianggap sebagai produk
sosial atau produk budaya, yang merupakan wadah aspirasi sosial, kegiatan,
perilaku masyarakat, dan penyingkapan budaya termasuk teknologi yang diciptakan
oleh masyarakat pemakai bahasa. Bahasa bisa dianggap sebagai “cermin zamannya”
artinya bahwa bahasa di dalam suatu masa tertentu mewadahi apa yang terjadi
dalam masyarakat.
Sebagai
salah satu bagian budaya, bahasa memegang peranan penting dalam pembicaraan
bisnis antar bangsa.Dalam kerangka lintas budaya (cross culture), bahasa
Inggris yang dipakai sebagai bahasa internasional, kemudian menjadi unik karena
tiap bangsa mempunyai latar belakang budaya yang berbeda, yang tentu saja
mempengaruhi dialek, pengucapan tata bahasa dan tingkah laku yang berbeda pula.
Di dalam bisnis yang nyata-nyata berhubungan dengan uang, dapat dibayangkan
betapa kesalahfahaman sebagai akibat berbahasa ini akan banyak mempengaruhi
bahkan merusak bisnis yang sedang dilakukan. Dengan demikian bahasa standar dan
2 aturan universal dari komunikasi antar budaya (intercultural communication)
yang dimengerti oleh semua bangsa harus dikuasai pelaku bisnis.
Bahasa
Inggris menjadi kunci masuk dalam pergaulan bisnis global.Ketika perdagangan
dunia hanya menjadi sebuah perkampungan kecil dalam E-Commerce (perdagangan di
Internet), kemampuan bahasa Inggris menjadi syarat utama untuk 3 bisa masuk
dalam perkampungan maya ini.Idealnya, sesuai dengan tuntutan globalisasi dimana
persaingan kerja semakin ketat, baik dari dalam maupun luar negeri, maka
seharusnya Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia menguasai bahasa Inggris.
1.1
Pengertian Bahasa Inggris
Bahasa Inggrisadalahbahasa Jermanikyang pertama kali dituturkan diInggrispadaAbad Pertengahan Awaldan
saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia.
1.1.1
Sejarah Bahasa Inggris
Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama
oleh mayoritas penduduk di berbagai negara, termasuk Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru,
dan sejumlah negara-negara Karibia;
serta menjadi bahasa resmi di hampir 60 negara berdaulat.
Bahasa Inggris adalah bahasa ibu ketiga yang paling banyak dituturkan di
seluruh dunia, setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol.Bahasa
Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua dan
bahasa resmi oleh Uni Eropa, Negara Persemakmuran, dan Perserikatan
Bangsa-Bangsa, serta beragam organisasi lainnya.
Bahasa Inggris berkembang pertama kali di Kerajaan Anglo-Saxon Inggris dan di wilayah yang saat ini membentuk Skotlandiatenggara.
Setelah meluasnya pengaruh Britania Raya pada abad ke-17 dan ke-20 melalui Imperium Britania,
bahasa Inggristersebar luas di seluruh dunia.Di samping itu, luasnya penggunaan
bahasa Inggris juga disebabkan oleh penyebaran kebudayaan dan teknologi Amerika Serikat yang mendominasi di sepanjang abad ke-20.Hal-hal
tersebut telah menyebabkan bahasa Inggris saat ini menjadi bahasa utama dan secara tidak resmi dianggap sebagai lingua franca di berbagai belahan dunia.
Karena telah mengalami perpaduan beragam kata dari
berbagai bahasa di sepanjang sejarah, bahasa Inggris modern memiliki kosakata
yang sangat banyak jumlahnya, dengan pengejaan yang kompleks dan tidak teratur,
khususnya vokal.Bahasa Inggris modern tidak hanya merupakan perpaduan dari
bahasa-bahasa Eropa, tetapi juga dari berbagai bahasa di seluruh dunia. Oxford English Dictionary memuat daftar lebih dari 250.000 kata berbeda,
tidak termasuk istilah-istilah teknis, sains, dan bahasa gaul yang jumlahnya juga sangat banyak.
1.2
Pengertian
Bisnis
Dalam ilmu ekonomi,bisnisadalah
suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepadakonsumenatau bisnis
lainnya, untuk mendapatkanlaba.Secara historis kata
bisnis daribahasa Inggrisbusiness, dari kata dasarbusyyang berarti "sibuk" dalam konteks
individu, komunitas, ataupun masyarakat.Dalam artian, sibuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis
dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan.Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti
ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua
anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan
rakyat.Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana
bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat
pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang
atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan
keuntungan.Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung
skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu
kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau
keuntungan.Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu,
misalnya "bisnis pertelevisian."Penggunaan yang paling luas merujuk
pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan
jasa.Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi
bahan perdebatan hingga saat ini.
1.3
Kenapa kita mempelajari bahasa Inggris?
Semua bahasa tanpa terkecuali digunakan
untuk komunikasi.Hakekat belajar bahasa, pada umumnya adalah belajar
berkomunikasi.Kita sendiri tahu bahwa bahasa Inggris telah diakui sebagai
bahasa internasional. Masyarakat yang berasal dari beragam latar belakang
geografi, agama dan budaya telah disatukan oleh suatu bahasa internasional yang
disepakati untuk berkomunikasi satu sama lainnya, yaitu bahasa Inggris.
Di era globalisasi seperti ini, kemampuan berbahasa (Inggris)
wajib dimiliki untuk dapat berkompetisi.Jadi, kita belajar bahasa Inggris
karena bahasa ini adalah bahasa internasional.
Tentunya, kita mempelajari suatu bahasa asing untuk tujuan tertentu. Orang mempelajari bahasa Inggris juga mempunyai tujuan tertentu, Mereka punya tujuan tertentu dalam mempelajari bahasa tersebut karena mereka tahu persis manfaat apa yang akan mereka peroleh dari bahasa Inggris. Ada banyak manfaat bahasa Inggris yang kita ketahui bahkan masih banyak yang belum diketahui. Konsep berfikir kita selama ini terlalu sempit dalam menyikapi arti belajar bahasa Inggris sebagai sebagai suatu kegiatan pembelajaran di sekolah dengan tujuan hanya untuk mendapatkan nilai yang standar (lulus ujian).
Tentunya, kita mempelajari suatu bahasa asing untuk tujuan tertentu. Orang mempelajari bahasa Inggris juga mempunyai tujuan tertentu, Mereka punya tujuan tertentu dalam mempelajari bahasa tersebut karena mereka tahu persis manfaat apa yang akan mereka peroleh dari bahasa Inggris. Ada banyak manfaat bahasa Inggris yang kita ketahui bahkan masih banyak yang belum diketahui. Konsep berfikir kita selama ini terlalu sempit dalam menyikapi arti belajar bahasa Inggris sebagai sebagai suatu kegiatan pembelajaran di sekolah dengan tujuan hanya untuk mendapatkan nilai yang standar (lulus ujian).
Hal inilah yang kemudian membuat kita merasa malas, ngantuk
dan rasa lapar seringkali terasa pada jam pelajaran Bahasa Inggris
dimulai.Untuk memotivasi dan merangsang minat kita dalam mempelajari bahasa
Inggris, tentunya para pembelajar Bahasa Inggris harus tahu manfaat apa yang
akan mereka peroleh jika mereka mahir berbahasa Inggris.
Berikut ini adalah mafaat bahasa Inggris yang harus diketahui
untuk merangsang minat untuk belajar bahasa Inggris :
a.
Academic Purpose
(Tujuan Akademis)
Tak bisa
dipungkiri, kita wajib mempelajari bahasa Inggris mulai dari SD bahkan sampai
Kuliah.Memang, mata pelajaran yang jadi momok itu mendapat perhatian khusus
dalam kurikulum pendidikan.Nilai ujian akhir ditentukan oleh nilai bahasa
Inggris.Bagi para mahasiswa, mereka diwajibkan untuk mempelajari buku modul
dalam bahasa Inggris walupun mereka bukan mahasiswa jurusan bahasa/sastra
Inggris.
b.
Pengembangan Karier
Dunia kerja akan
tergiur oleh orang-orang yang pandai berbahasa Inggris.Kecakapan berbahasa
Inggris tentunya akan memberikan nilai lebih bagi calon pelamar kerja, Mereka
akan lebih dipandang dalam kompetisi dunia kerja. Jadi dengan Bahasa Inggris,
pekerjaanlah yang mencari pelamar.
c.
Kesempatan Emas
Belajar ke Luar Negeri
Banyak sekali
lembaga yang memberikan beasiswa belajar ke luar negeri kepada para
pelajar Indonesia.Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah tes
TOEFL.Tes ini mengukur seberapa kemempuan kita dalam berbahasa Inggris.
Tentunya kita harus mahir bahasa Inggris agar bisa lulus tes ini.
d.
Memperluas Pergaulan
Diatas sudah
disinggung bahwa kita telah memasuki era global, dunia yang universal, dunia
menjadi satu bangsa dalam keanekaragaman budaya. Siapa yang tertarik untuk
menjadi orang gaul tingkat jagat, kuasailah Bahasa Inggris.
e.
Menaklukkan Internet
Anda mungkin
berpikir bahwa banyak situs yang diterjemahkan ke dalam bahasa
Indonesia.Tetapi kenyataannya, 80% informasi elektronik hanya tersedia dalam
bahasa Inggris.Sedangkan 20% bagian yang lainnya itu tidak semuanya didominasi
oleh bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa asing non-Inggris lain, seperti
bahasa Cina, bahasa Jepang, bahasa Perancis dan sebagainya.Jadi bayangkan hanya
berapa persen dari seluruh informasi di internet yang tersaji dalam bahasa
Indonesia.
1.4
Fungsi Bahasa Inggris Dalam
Bisnis
Dalam era globalisasi ini perkembangan dunia teknologi informasi
sangatlah pesat.Bidang iniadalah salah satu penunjang bagi perkembangan
ekonomi Indonesia.Namun dikarenakan kompetibelitas teknologi ini menggunakan
bahasa Inggris, maka para penggiatekonomi yang menggunakan teknologi informasi ini
diharuskanmenguasai bahasa Inggris sebagai penunjangpenggunaanbeberapaperangkatteknologiyangperintah-perintahnyamenggunakan
bahasa Inggris.Sebagai bahasa
internasional,bahasaInggris sudah tentu memiliki peranan pentingdalam
dunia bisnis.Perangkat-perangkat lunak program perkantoran penunjang dunia
bisnis seperti :
a. Ms Word
b. Excel
c. Access
d. SPSS
Dan masih
banyak lagi masih menggunakan bahasa Inggris dalam pengoperasiannya.Maka fungsi bahasa Inggris dalam dunia bisnis sudah
dipastikan memiliki tempat yang penting.
1.5
Penguasaan bahasa Inggris
Penguasaan bahasa Inggris dapat digunakan untuk meningkatkan
penjualan produk, misalnya dalam komunikasi baik komunikasi antar pelaku
ekspor-impor ataupun komunikasi produsen dengan konsumen, misalnya promosi
berupa iklan, halaman website, dan kemasan produk yang menggunakan bahasa inggris
sehingga pelaku ekspor-impor maupun konsumen dapat mengetahui informasi
mengenai perusahaan dan produknya secara lengkap tanpa hambatan dalam masalah
bahasa.
Di dalam joint venture bentuk kerjasama yang dilakukan merupakan
perusahaan yang berasal dari beberapa negara menjadi satu perusahaan untuk
mencapai konsentrasi kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih padat.Dalam konteks
ini penguasaan bahasa Inggris merupakan faktor utama karena dapat menjadi alat
penghantar dalam kerjasama yang dibentuk. Tanpa penguasan bahasa Inggris,
kerjasama yang dibina akan menjadi sulit dan hal itu juga akan membawa kerugian
besar bagi perusahaan karena komunikasi antar pemimpin perusahaan dapat
terhambat.
Merger dan akuisisi merupakan salah satu cara dalam mengembangan
suatu perusahaan. Dalam melakukan kedua jenis kerjasama ini, harus diikuti
dengan kemampuan pengunaan bahasa Inggris yang baik. Hal ini sama seperti dalam
kerjasama joint venture. Dengan penguasan bahasa Ingrris yang baik kerjasama
yang dilakukan akan berjalan lancar dan dapat membawa keuntungan yang besar
untuk perusahaan.
2. Contoh Dialog Bahasa Inggris Tentang
Bisnis
Bisnis merupakan aspek penting dalam
kehidupan. Banyak dialog tentang bisnis dalam bahasa Inggris.
Won Bin dan Sooyong merupakan teman
lama yang baru saja bertemu di café. Mereka membicarakan bisnis fashion.
Won Bin : Hi, Sooyong! How are you?
Sooyong: Of course, I am fine. How about you?
Won Bin : Same, I am fine too. Now where do you live?
Sooyong : I am still living in Jakarta. But this time I was busy
with my fashion business in Singapore. How about you?
Won Bin : Fashion business?! Sound very interesting. Will you tell
me more about your business?
Sooyong : Of course. I am currently in the business field such as
fashion boutiques. I just open a boutique in Singapore now.
Won Bin : What about your family who live in Indonesia?
Sooyong : My parents support me, they told me to focus in boutique
in Singapore. How about you?
Won Bin: Okay, now I'm living my job as a supervisor of IT company
in Singapore.
Sooyong: How long have you worked there and how the family in
Indonesia?
Won Bin : Almost 3 years in Singapore. My family keeps support me.
I got a permit from the office to be able to go home every month.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar